Beranda Filsafat Tiga Cabang Utama Filsafat

Tiga Cabang Utama Filsafat

235
1
adhycezz.wordpress.com
adhycezz.wordpress.com

Filsafat dalam kinerjnya melalui raasio manusia secara keseluruhan yang berfungsi untuk menjawab segala pertanyaan2 manusia  secara mendalam dan dapat dipertangungjawabkan sisi kebenarannya. Mengenai pembagian kerjanya para filosof memiliki perbedaan pendapat. Namun secara khusus kajian filsafat yakni mengenai tiga hal: Ontologi (Ilmu Tentang Wujud), Epistemologi (Ilmu tentang Pengetahuan) dan Aksiologi (Ilmu tentang Nilai).

  1. Ontologi (Ilmu tentang Wujud)

Ontologi adalah ilmu yang membahas tentang wujud/ keberadaan (being). Objek kajiannya berupa wujud totalitas yang mencakup wujud spiritual serta wujud rasional yang dihasilkan akal manusia. Dalam hal ini fisafat bertanggungjawab ataas kajian tentang wujud/keberadaan dari berbagai sis yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak dapat ditemukan dalam ilmu-ilmu lain

  1. Epistemologi (Ilmu Tentang Pengetahuan)

Ilmu-ilmu yang dimiliki manusia memiliki keterkaitan satu dengan lainnya, sebagian dari ilmu merupakan pokok utama bagi ilmu lainnya. Nilai kebenaran dari ilmu adalah tergantung pada ilmu tertentu, dan dengan ini kemudian dapat digolongkan sebagai pengetahuan dasar. Dasar dari semua ilmu empirik adalah kaidah yang menjadi pokok pembahasan dalam filsafat, sedangkan filsafat merupakan dasar bagi ilmu-ilmu empirik. Maka dari itu filsafat dapat  dijadikan sebagai dasar dari seluruh pengetahuan manusia.

Epistemologi adalah cabang filsafat untuk mengkaji dasar dari pengetahuan manusia/ sebagai tolak ukur ilmu-ilmu manusia, termasuk ilmu logika dan ilmu-ilmu manusia yang dikaji secara jelas, dan merupakan dasar dari semua ilmu dan pengetahuan. Meskipun ilmu logika memiliki kesamaan dengan epistemologi, tetapi ilmu logika merupakan ilmu tentang cara berpikir dan berargumentasi yang benar. Dalam abad sebelumnya, epistemologi bukanlah suatu ilmu yang dikategorikan sebagai disiplin ilmu tertentu. Akan tetapi khususnya di barat, epistemologi diposisikan sebagai salah satu disiplin ilmu.

  1. Aksiologi (Ilmu tentang Nilai)

Aksiologi adalah ilmu yang mengkaji secara khusus tentang nilai ataupun cita-cita manusia yang luhur. Dalam hal ini cita-cita yang dianggap sebagai tujuan yang utama dan bisa juga disebut sebagai etika. Kajian tentang nilai terbagi menjadi tiga yaitu:

  1. Logika, membahas tentang kebenararan pola-pola cara kita berfikir agar terhindar dari kesalahan.
  2. Etika, membahas nilai kebaikan dari perilaku manusia. Mengarahkan pada apa yang seharusnya dilakukan secara baik dari segi moralitas.
  3. Estetika, ilmu yang membahas tentang nilai keindahan dan membantu kita untuk meningkatkan rasa keindahan dari suatu hal yang indah.

1 KOMENTAR

  1. Hello there, You’ve done an incredible job. I’ll certainly digg it and personally
    suggest to my friends. I’m confident they’ll be benefited from this website.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here